Memaknai Keheningan dalam Silence

“Di manakah Tuhan ketika aku menderita?” Rasanya pertanyaan inilah yang bisa menjadi pondasi dasar dalam film terbarunya Martin Scorsese, Silence (2017). Diangkat dari novel berjudul sama oleh Shusaku Endo tahun 1966, Silence bercerita tentang para misionaris Jesuit yang menyebarkan agama Katolik di Jepang pada abad ke-17. Namun misi mereka tidaklah semudah itu, ketika penguasa Jepang […]

Read more "Memaknai Keheningan dalam Silence"

A Pep Talk for Taizé People

Dear my Taizé brothers and sisters, wherever you are in the world when you are reading this. First of all, I’ve got inspired to write this after my “forever roommate”, Carlos from Guatemala, gave his warmest greeting to me on my birthday. I listened to his voice note, and his voice brought me back to […]

Read more "A Pep Talk for Taizé People"

Cukup

Gue nggak sabar pengen pulang. Kayaknya ini udah ke sekian kali gue ngerasa kaya gini di penghujung perjalanan gue yang lama. Gue inget tahun lalu setelah dua bulan muterin Eropa, gue ngerasa hal yang sama kaya gini beberapa hari menjelang pesawat balik gue ke Indonesia. Rasanya itu kaya udah cukup, udah kenyang. Iya, kaya lo […]

Read more "Cukup"

Matahari Musim Dingin di Nagarkot

Matahari musim dingin itu semacam mata air di tengah gurun. Di tengah suhu 12 derajat celcius di bukit Nagarkot, matahari yang muncul di tengah langit cerah ini benar-benar jadi satu-satunya hal yang menghangatkan badan gue. Nggak jarang gue sengaja berjemur di bawah terik matahari, meski gue tahu akibatnya nanti mungkin aja muka gue bakal jadi […]

Read more "Matahari Musim Dingin di Nagarkot"

Hoki Jalan-jalan

Salah satu sohib gue pernah cerita ke gue. Saudaranya cerita kalo orang itu punya hoki di bidangnya masing-masing. Ada hoki di bisnis, hoki di jodoh, hoki di jalan-jalan, dan lainnya. Begitu beliau bilang hoki di jalan-jalan, sohib gue pun langsung teringat tentang gue. Ya bener juga sih kalo di pikir-pikir. Bukan cuma ada aja bisa […]

Read more "Hoki Jalan-jalan"